judul post ini seperti seseorang sedang mengetik

kursor mengikuti

judul post ini seperti seseorang sedang mengetik.

Senin, 23 Februari 2015

LONG TERM MEMORY (MENGINGAT DAN LUPA)



LONG TERM MEMORY
(MENGINGAT DAN LUPA)


Tugas Disusun Untuk Mata Kuliah Teori dan Psikologi Belajar
Dosen Pengampu: Yulia Ayriza, Ph.D.



Disusun Oleh :
MUSMALYADI
14712259018








PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DASAR
PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2014/ 2015



1
BAB I
MENGINGAT DAN LUPA
Mengambil informasi dari memori jangka panjang kadang-kadang mudah dan otomatis, dilain kali lambat dan sulit, dan pada saat lain hampir tidak mungkin kita bisa mengambilnya. Kita cenderung untuk mengingat informasi sering terjadi tanpa upaya sadar atau secara otomatis, misalnya kita mudah mengingat nama-nama teman dekat kita tetapi kita malah mengalami kesulitan ketika mengingat kata-kata yang jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.  Dalam beberapa kasus, kita mungkin merasa bahwa seperti kata-kata di ujung lidah, namun masih tidak bisa mengingat (Omrod, 2012:266).
A.    Aktifitas Mengingat (Retrieval)
Kadang-kadang ingatan tertentu tampaknya muncul ke permukaan dengan sendiri yaitu, mengambilnya tanpa sengaja tanpa mencoba melakukannya. Seringkali, tetapi, pengambilan adalah sadar, proses panjang, kita ingin mengambil informasi tertentu yang relevan dengan keadaan kita sekarang dan sengaja "mencari" untuk itu (Berntsen, 2010; Davachi & Dobbins, 2008). Kita mungkin berpikir pengambilan memori jangka panjang sama halnya dengan mencari sesuatu di ruang besar, kamar gelap dengan hanya menggunakan senter kecil (Lindsay & Norman, 1977). Pengambilan dari memori jangka panjang mungkin proses mencari di lokasi kecil dalam memori, hanya satu lokasi pada suatu waktu. Informasi yang telah disimpan logis (yakni, terkait dengan ide yang sama) mungkin akan ditemukan dengan cepat. Informasi yang disimpan sembarangan, dengan cara belajar hafalan, akan muncul hanya setelah banyak mencari. Pengambilan informasi juga lebih mudah ketika peserta didik terlibat dalam proses berpikir yang mirip dengan yang mereka sebelumnya gunakan saat menyimpan informasi fenomena yang dikenal sebagai spesifisitas pengkodean (Hanna & Remington, 1996; Tulving, 1983; Tulving & Thomson, 1973; Zeelenberg, 2005).
Secara umum, pengambilan lebih mudah untuk hal-hal yang kita tahu dengan baik karena sudah banyak berlatih dan menggunakan atau sering dan khususnya untuk hal-hal yang kita telah pelajari. Selain itu, pengambilan biasanya lebih mudah ketika kita sedang santai daripada cemas ketika mengambil informasi, Kecemasan akan merugikan yang mempengaruhi pengambilan.
1.    Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanggilan/mengingat
Menurut Jeanne Ellis Ormrod (2008:303) setidaknya ada 3 faktor yang dapat    mempengaruhi dalam mengingat yaitu:
a.    Keterkaitan ganda dengan pengetahuan yang telah ada
Kita lebih mungkin memanggil informasi bila kita mempunyai banyak kemungkinan jalur ke informasi itu, dengan kata lain, bila kita mengasosiasikan informasi dengan banyak hal lain dalam basis pengetahuan yang kita memiliki.
b.    Latihan yang sering
Pengulangan dalam jangka panjang, mengkaji dan menggunakan informasi dan keterampilan dalam interval tertentu selama beberapa pekan, bulan atau tahun
c.    Petunjuk pemanggilan/ isyarat pemanggilan (retrieval cue)
Mengingat  jelas lebih mudah ketika memiliki ide yang bagus untuk "melihat" dalam memori-jangka panjang yaitu ketika mengetahui bagian mana dari memori jangka panjang yang akan diaktifkan dengan menggunakan petunjuk untuk mencari sepotong informasi dalam memori jangka panjang.
Ada beberapa jenis isyarat mengingat/pengambilan
1)        Isyarat identitas yaitu identik dengan informasi yang akan di ambil/ diingat misalnya, tes pilihan ganda
2)        Isyarat asosiasi yaitu ingatan diarahkan ke bagian yang relevan dari memori jangka panjang.
3)        Struktur organisasi atau kerangka yang akan memandu secara sistematis mencari memori jangka panjang
4)        Lingkungan fisik di mana sesuatu yang telah dipelajari juga memfasilitasi pengambilan. Artinya, ia berfungsi sebagai isyarat kontekstual.
Kelemahan dari isyarat mengingat adalah bahwa mereka kadang-kadang menetapkan batas-batas pada bidang memori jangka panjang.
B.     Konstruksi Dalam Mengingat
Pengambilan memori jangka panjang, sama seperti penyimpanan memori jangka panjang, mungkin melibatkan proses-proses konstruktif. Orang sering mengambil hanya sebagian dari informasi yang  telah disimpan sebelumnya dan kemudian mengisi kesalahan berdasarkan apa yang logis atau konsisten dengan pengetahuan yang ada dan keyakinan tentang diri mereka sendiri atau tentang dunia pada umumnya.
Meskipun proses konstruktif mungkin bertanggung jawab untuk banyak kesalahan dalam apa yang kita ingat, konstruksi biasanya memfasilitasi pengambilan memori jangka panjang. Ketika ingatan kita tentang suatu peristiwa tidak lengkap, kita dapat mengisi rincian berdasarkan apa yang masuk akal.
1.      Kekuatan kesan dan Pengaruh Informasi Selanjutnya           
Kadang-kadang ingatan manusia tidak hanya dipengaruhi oleh pengetahuan mereka sebelumnya tetapi juga oleh informasi yang disajikan beberapa saat setelah mereka pelajari apa pun yang mereka ambil. Secara umum, ini adalah hal yang baik: Orang harus terus-menerus memperbarui pengetahuan dan pemahaman mereka sebagai informasi baru masuk.
2.      Membangun Sepenuhnya Baru "Kenangan
Pengambilan Konstruktif memungkinkan orang untuk menghasilkan informasi di luar apa yang mereka  simpan secara khusus. Konstruksi seperti membutuhkan waktu kadang baru "kenangan" memiliki sedikit atau tanpa dasar fakta.
3.      Mengingat kenangan sebelumnya
4.      Pemantauan  diri selama mengingat
Aspek regulasi diri yang dikenal sebagai self-monitoring, di mana orang mengamati dan menilai perilaku mereka sendiri. Tampaknya bahwa orang-orang juga mungkin terlibat dalam self-monitoring yang lebih bersifat kognitif ketika mereka mengambil informasi dari memori jangka panjang. faktanya, mereka merefleksikan kenangan mereka dalam upaya untuk menentukan apakah mereka sedang mengingat sesuatu secara akurat atau tidak akurat
5.      Perhatian Penting dalam penyelidikan ingatan manusia
Kadang-kadang memori manusia cukup akurat. Tapi di lain waktu ingatan seseorang dapat serius membelok atau bahkan benar-benar palsu. Dan rasa seseorang dari keyakinan tentang memori tidak selalu merupakan indikasi yang baik dari seberapa akurat memori sebenarnya


C.    Lupa (Forgetting)
Salah satu pelopor psikologis Hermann Ebbinghaus (1850-1909) adalah orang pertama yang melakukan penelitian ilmiah tentang lupa. Ia membuat dan mengingat daftar berisi 13 kata yang tidak bermakna dan mengukur seberapa banyak yang bisa ia ingat seiring berjalannya waktu. Bahkan setelah satu jam sesudahnya, Ebbinghaus hanya bisa mengingat beberapa dari kata yang tidak bermakna yang telah dia ingat.
Grafik Lupa Ebbinghaus
Gambar Ini Mengilustrasikan Kesimpulan Bahwa Kebanyakan Proses Lupa Terjadi Segera Setelah Kita Mempelajarai Sesuatu
Selanjutnya banyak ahli teori psikologi kognitif, berpikir bahwa sekali informasi disimpan dalam memori jangka panjang, tetap ada secara permanen dalam beberapa bentuk (EF Loftus & Loftus,1980). Beberapa bukti menunjukkan bahwa informasi memang dapat tetap berada dalam memori jangka panjang untuk waktu yang sangat lama (HP Bahrick, 1984; DB Mitchell, 2006; Semb & Ellis, 1994). Menurut Muhibbin Syah (2012.170) Lupa ialah hilangnya kemampuan untuk menyebut atau memproduksi kembali apa apa yang sebelumnya telah kita pelajari.
1.      Teori-teori tentang lupa
Para teoris telah menawarkan beberapa penjelasan tentang mengapa kita banyak lupa dari apa yang  telah kita pelajari.
a.    Decay
        Psikolog Semakin mempercayai bahwa  informasi secara bertahap dapat memudar, atau membusuk, dan akhirnya menghilang dari memori sama sekali. Decay tampaknya sangat umum ketika informasi digunakan jarang atau tidak sama sekali (Altmann & Gray, 2002; Byrnes, 2001; EF Loftus & Loftus, 1980; Schacter, 1999). Teori ini beranggapan bahwa memori menjadi semakin aus dengan berlalunya waktu bila tidak pernah diulang kembali (rehearsal). Informasi yang disimpan dalam memori akan meninggalkan jejak-jejak (memory trace) yang bila dalam jangka waktu lama tidak ditimbulkan kembali dalam alam kesadaran, akan rusak atau menghilang.
b.   Interferensi dan Penghambatan
Teori ini menitik beratkan pada isi interval. Teori ini beranggapan bahwa informasi yang sudah disimpan dalam memori jangka panjang masih ada dalam gudang memori (tidak mengalami keausan), akan tetapi jejak-jejak ingatan saling bercampur aduk, mengganggu satu sama lain. Bisa jadi bahwa informasi yang baru diterima mengganggu proses mengingat yang lama, tetapi juga terjadi sebaliknya.
Bila informasi yang baru kita terima menyebabkan kita sulit mencari informasi yang sudah ada dalam memori kita, maka terjadilah interferensi retroaktif. Sedangkan, bila informasi yang kita terima sulit untuk diingat karena adanya pengaruh ingatan yang sama, maka terjadi proses interferensi proaktif. interferensi proaktif, yaitu informasi yang sudah dalam memori jangka panjang mengganggu proses mengingat informasi yang baru saja disimpan.
c.    Represi
          Represi adalah proses pemblokiran ingatan tentang suatu kejadian yang menyakitkan atau memalukan oleh alam sadar. Artinya, represi adalah kesengajaan melupakan suatu kejadian oleh seseorang karena kejadian yang dialami dirasa merugikan. Teori tentang penyebab lupa berupa represi ini berangkat dari konsep Sigmund Freud tentang pertahanan ego (ego defences). Jadi secara sederhananya, salah satu penyebab lupa pada seseorang mengenai suatu pengalaman lampau yang dialaminya bisa terjadi karena orang yang bersangkutan menyengaja untuk melupakannya.
          Dalam beberapa situasi, kita mungkin memiliki pengalaman yang sangat menyakitkan atau emosional menyedihkan bahwa kita cenderung untuk tidak mengingat kode itu sama sekali (Omrod:278).
d.   Kegagalan Untuk Mengambil
Teori ini sebenarnya sepakat dengan teori interferensi bahwa informasi yang sudah disimpan dalam memori jangka panjang selalu ada, tetapi kegagalan untuk mengingat kembali lebih disebabkan tidak adanya petunjuk yang memadai. Dengan demikian, bila syarat tersebut dipenuhi (disajikan petunjuk yang tepat), maka informasi tersebut tentu dapat ditelusuri dan diingat kembali.
e.    Kesalahan Konstruksi
Konstruksi pada saat pengambilan terjadi ketika informasi yang diambil memiliki kesalahan di dalamnya, kesalahan mungkin karena pembusukan, gangguan, atau tidak berhasil mengambil. seperti yang diharapkan, rekonstruksi yang salah dari suatu peristiwa atau kerangka informasi yang dipelajari semakin mungkin terjadi seiring waktu.
f.     Kegagalan untuk Menyimpan atau Konsolidasi
Penjelasan akhir "lupa" adalah fakta bahwa beberapa informasi mungkin tidak pernah  utuh disimpan di tempat pertama. Mungkin tidak memperhatikan informasi, sehingga tidak pernah masuk memori kerja. Atau mungkin tidak memprosesnya cukup untuk mendapatkan ke memori jangka panjang. Bahkan jika itu tidak bisa masuk ke memori jangka panjang, mungkin beberapa faktor dari luar seprti kecelakaan serius.


g.    Fenomena di Ujung Lidah (Tip Of The Tongue)/TOT
Sebuah jenis pengambilan yang diusahakan yang terjadi ketika seorang yakin mereka mengetahui sesuatu, tetapi tidak bisa menariknya dari ingatan (Laura A, King, 2013: 437). TOT terjadi karena seseorang dapat mengambil kembali sebagian informasi tetapi tidak seluruhnya, Orang yang dalam keadaan TOT biasanya dapat dengan sukses mengambil karekteristik dari sebuah kata seperti huruf pertamnya atau jumlah suku kata, tetapi tidak berhasil mengambil kembali kata tersebut.
h.   Kasus Amnesia Masa Anak-Anak
Ketidak mampuan mengingat peristiwa-peristiwa dan pengalaman-pengalaman yang tejadi pada satu hingga tiga tahun pertama kehidupan seseorang. Dalam Carole Wade (2007:94) para psikologi memberi penjelasan tentang amnesia kanak-kanak yaitu
1)        Belum berkembangnya konsep diri.
2)        Proses penyandian yang jauh dari sempurna.
3)        Fokus kepada rutinitas
4)        Cara pandang anak terhadap lingkungan.
i.      Amnesia dan Gangguan fisiologis
Amnesia adalah gangguan pada otak yang menyebabkan orang lupa masa lalunya. Ada dua penyebab dasar amnesia: organik, di mana terjadi kerusakan pada fungsi-fungsi otak dan penyebab psikologis. Amnesia bisa terjadi pada siapa pun, pada usia berapa pun.
Jenis-jenis amnesia yang umum terjadi menurut Teguh Sutanto (2011) adalah:
1)    Amnesia Traumatic, biasanya bersifat sementara dan terjadi setelah cedera kepala. Durasi dan intensitas amnesia ini terkait dengan jenis cedera yang diterima, tapi memori sering kembali setelah orang yang bersangkutan sembuh.
2)    Amnesia disosiatif, umumnya terjadi pada orang yang mengalami peristiwa traumatik seperti pemerkosaan. Pada amnesia ini orang yang bersangkutan akan memblokir kejadian trauma yang dialaminya dari ingatan.
3)    Amnesia Global, jenis amnesia yang paling total, sering disertai gangguan stress pasca-trauma. Biasanya walaupun pasien sembuh, ingatannya tidak sepenuhnya kembali, pasien kadang-kadang dapat mengalami kilatan ingatan yang spontan, sering dari peristiwa traumatis itu sendiri. Amnesia global yang paling sering terlihat pada orang tua.
4)    Beberapa gangguan fisiologis, seperti dampak alkohol, malnutrisi , dan penyakit Alzheimer's juga dapat menyebabkan hilangnya memori.
5)    Amnesia ringan, ini terjadi ketika seseorang mengingat suatu informasi tetapi tidak dapat menjelaskan bagaimana atau kapan ia memperoleh itu.
6)    Amnesia Anterograde, adalah suatu kondisi di mana seorang individu yang tidak mampu membentuk ingatan baru. Pada orang yang mengalami amnesia ini, ingatannya mengenai pengalamannya yang lama masih ada dan ingatan jangka panjangnya masih berfungsi, tetapi ia tidak dapat memasukkan informasi baru ke dalam ingatan jangka panjangnya. Amnesia anterograde hampir selalu merupakan akibat langsung dari beberapa bentuk cedera otak cedera atau trauma, namun penyebab pastinya belum sepenuhnya dipahami.
7)    Amnesia Retrograde, adalah hilangnya ingatan yang bersifat sementara atau permanen pada ingatan yang terjadi sebelum ia mengalami amneisa. Penyebab amensia ini biasanya karena cedera otak. Dalam bentuk yang parah, amnesia jenis ini mengakibatkan sesorang tidak mengenali orang-orang tercinta atau orang-orang yang ada di sekitarnya. Pada beberapa kasus, pasien amnesia retrogade hanya mengalami amnesia ringan dan hanya tidak ingat kejadian beberapa jam sebelum ia mengalami amnesia
D.    Prinsip-Prinsip Umum Retrieval dalam Setting Pembelajaran
       Menurut Ormrod (2008:310) ada beberapa cara yang relevan tentang bagaimana memaksimalkan pemanggilan dan menimalkan lupa di dalam pembelajaran yaitu:
1.         Jangan pernah asumsikan bahwa sekali sudah cukup untuk informasi yang penting.
2.         Ajarkan siswa untuk membuat petunjuk pengingat mereka sendiri untuk hal-hal yang perlu mereka ingat.
3.         Bila detil-detil sulit diisi secara logis atau dapat dengan mudah saling bertukar pastikan siswa mempelajarinya dengan baik.
4.         Tujuan Taksonomi dapat berguna sebagai pengingat dari berbagai cara di mana siswa dapat diminta untuk memikirkan dan menerapkan apa yang telah mereka pelajari.
5.         Berikan petunjuk pemanggilan bila perlu.
6.         Berikan siswa waktu untuk memikirkan  dan merumuskan respon terhadap pertanyaan yang menantang.
7.         Penilaian Kelas secara signifikan mempengaruhi penyimpanan dan pengambilan.
Muhibbin Syah (2012:174) menyebutkan beberapa kiat mengurangi lupa dalam belajar yaitu:
1.         Overlearning (belajar) lebih artinya upaya belajar yang melebihi batas penguasaan dasar  atas materi pembelajaran tertentu.
2.         Extra Study Time (Tambahan waktu belajar) ialah upaya penambahan alokasi waktu belajar atau penambahan frekuensi (kekerapan) aktivitas belajar.
3.         Mnemonic Device (Muslihat Memory) yang lebih sering disebut mnemonic saja berarti kiat-kiat khusus yang biasa dijadikan “alat pengait” mental untuk memasukkan item-item informasi kedalam memori siswa.
4.         Pengelompokan (Clustering) adalah menata ulang item-item materi menjadi kelompok-kelompok kecil yang dianggap lebih logis dalam arti bahwa item-item tersebut memiliki signifikasi dan lafal yang sama atau sangat mirip.
5.         Latihan  atau distributed practice adalah latihan terkumpul (massed pratice), yang sudah dianggap tidak efektif lagi karena mendorong siswa membuat cramming, yakni belajar banyak materi dengan tergesa-gesa dalam waktu yang singkat.
6.         Pengaruh Letak Bersambung Untuk memperoleh efek positif dari pengaruh letak bersambung (the serial position effect), siswa dianjurkan menyusun daftar kata-kata (nama, istilah, dan sebagainya) yang diawali dan diakhiri dengan kata-kata yang harus diingat.











15
BAB II
Kesimpulan
Retrieval dari memori jangka panjang tampaknya menjadi proses pencarian isinya, dalam satu "lokasi" pada suatu waktu, sampai informasi yang diinginkan ditemukan. Retrieval lebih mudah ketika informasi sebelumnya telah disimpan dan ada kaitannya dengan ide-ide lainnya dalam memori, ketika sudah belajar secara otomatis, atau ketika isyarat pengambilan yang relevan yang hadir. Agaknya jaringan antara ide-ide, otomatisasi, dan isyarat pengambilan yang sesuai meningkatkan kemungkinan yang akan muncul untuk informasi akan diaktifkan.
Retrieval sering merupakan proses konstruktif: Beberapa potongan informasi secara langsung diambil dan lainnya, detail nonretrieved diisi untuk menciptakan logis, koheren (meskipun kadang-kadang salah) ingatan. Ingat informasi dan peristiwa juga dapat dipengaruhi oleh informasi atau informasi yang salah (misalnya, pertanyaan menyesatkan) disajikan di lain waktu. Orang-orang kadang kali "mengingat" hal-hal yang mereka tidak pernah secara khusus belajar, mungkin karena mereka menarik ences infer- wajar dari apa yang telah mereka pelajari atau mungkin karena ide-ide terkait dalam kenangan jangka panjang mereka diaktifkan selama pengalaman belajar.
Para teoris telah menawarkan berbagai penjelasan mengapa orang "lupa" hal-hal yang mereka telah pelajari mungkin, termasuk kerusakan, gangguan, hambatan, represi, kegagalan untuk mengambil, kesalahan konstruksi, dan kegagalan untuk benar-benar menyimpan atau mengkonsolidasikan informasi.
Daftar Pustaka
Carole Wade.2007. Psikologi Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Http://jalurilmu.blogspot.com/2011/11/proses-terjadinya-Lupa.html#ixzz3DvvHMn diakses tanggal 20 september 2014
Jeanne Ellis ormrod.2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta. Erlangga
Muhibbin Syah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Laura A,king 2013. Psikologi Umum: Sebuah pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika
Omrod, J.E., 2012. Human Learnin 6’th Edition. Boston: Pearson.


0 komentar:

Posting Komentar