Langkah-langkah pembelajaran
A. Tahap Enaktif
1. Pada
tahap awal guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengidentifikasi contoh dan
bukan contoh bangun segitiga yang tersedia dari sekelompok bangun datar
(gunakan alat peraga).
B. Tahap Ikonik
2. Dari
bangun segitiga yang telah diidentifikasi siswa juga diharapkan dapat
memberikan contoh dan bukan contoh alas dan tinggi suatu segitiga dan kemudian
siswa diarahkan agar dapat mendefenisikan tinggi dan alas suatu segitiga.
3. Siswa
diarahkan untuk menemukan hubungan antara segitiga dan persegi panjang
(hubungan panjang dan lebar pada persegi panjang dengan alas dan tinggi pada
segitiga).
4. Dengan
cara menggunting siswa akan menemukan hubungan luas persegi panjang dan luas
segitiga.
5. Menemukan
hubungan luas segitiga dari luas persegi panjang dengan contoh bangun yang
diberikan berikut:
Berapa luas persegi panjang?
Berapa luas segitiganya?
Kesimpulan apa yang dapat diambil?
A. Tahap Simbolis
1. Guru
mengarahkan siswa untuk membuat generalisasi untuk membangun rumus luas
segitiga.
Teori belajar Bruner
yaitu melalui model belajar penemuan (Discovery learning) adalah model
pengajaran yang dikembangkan berdasarkan kepada pandangan kognitif tentang
pembelajaran dan konstruktivisme. Siswa belajar melalui keterlibatan aktif
dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip, dan guru mendorong siswa untuk
mendapatkan pengalaman dengan melakukan kegiatan yang memungkinkan mereka
menemukan konsep dan prinsip untuk diri mereka sendiri. Namun demikian tidak
semua materi matematika dijenjang SD dapat diajarkan dengan menggunakan metode
penemuan, dengan demikian seorang guru harus pandai memilih dan mengkaitkan
suatu topik pembelajaran dengan metode dan teori belajar yang mendukung sehingga
pelaksanaan pembelajaran lebih optimal.
Aslm pada gambar anda, menurut saya Enaktifnya masih kurang konkrit.
BalasHapusWaslm.terima kasih Bapak atas masukannya, saya akan terus belajar dan akan saya perbaiki.
BalasHapus