judul post ini seperti seseorang sedang mengetik

kursor mengikuti

judul post ini seperti seseorang sedang mengetik.

Rabu, 15 April 2015

CONTOH PEMAHAMAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEORI BRUNER


Langkah-langkah pembelajaran
A.  Tahap Enaktif
1.      Pada tahap awal guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengidentifikasi contoh dan bukan contoh bangun segitiga yang tersedia dari sekelompok bangun datar (gunakan alat peraga).
B.  Tahap Ikonik
2.      Dari bangun segitiga yang telah diidentifikasi siswa juga diharapkan dapat memberikan contoh dan bukan contoh alas dan tinggi suatu segitiga dan kemudian siswa diarahkan agar dapat mendefenisikan tinggi dan alas suatu segitiga.
3.      Siswa diarahkan untuk menemukan hubungan antara segitiga dan persegi panjang (hubungan panjang dan lebar pada persegi panjang dengan alas dan tinggi pada segitiga).
4.      Dengan cara menggunting siswa akan menemukan hubungan luas persegi panjang dan luas segitiga.
5.      Menemukan hubungan luas segitiga dari luas persegi panjang dengan contoh bangun yang diberikan berikut:





Berapa luas persegi panjang?
Berapa luas segitiganya?
Kesimpulan apa yang dapat diambil?
A.  Tahap Simbolis
1.      Guru mengarahkan siswa untuk membuat generalisasi untuk membangun rumus luas segitiga.













Teori belajar Bruner yaitu melalui model belajar penemuan (Discovery learning) adalah model pengajaran yang dikembangkan berdasarkan kepada pandangan kognitif tentang pembelajaran dan konstruktivisme. Siswa belajar melalui keterlibatan aktif dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip, dan guru mendorong siswa untuk mendapatkan pengalaman dengan melakukan kegiatan yang memungkinkan mereka menemukan konsep dan prinsip untuk diri mereka sendiri. Namun demikian tidak semua materi matematika dijenjang SD dapat diajarkan dengan menggunakan metode penemuan, dengan demikian seorang guru harus pandai memilih dan mengkaitkan suatu topik pembelajaran dengan metode dan teori belajar yang mendukung sehingga pelaksanaan pembelajaran lebih optimal.

2 komentar:

  1. Aslm pada gambar anda, menurut saya Enaktifnya masih kurang konkrit.

    BalasHapus
  2. Waslm.terima kasih Bapak atas masukannya, saya akan terus belajar dan akan saya perbaiki.

    BalasHapus