NAMA :
MUSMALYADI
NIM : 14711259018
KELAS : PD P2TK DIKDAS
MATA KULIAH : Pengembangan Learning Trajectory
Pendidikan Dasar
1.
Tuliskan komentar tentang vidio
pembelajaran yang sudah ditonton
2.
Tuliskan pertanyaan tentang vidio
3.
Tuliskan kelebihan dan kekurangan metode
dan perangkat pembelajaran lainnya yang selama ini saya praktikan dan seberapa
jauh saya belajar dari vidio untuk mempengaruhi dan memperbaiki praktek
pembelajaran siswa
1.
Komentar saya setelah menonton vidio pembelajaran
di sebuah sekolah di Jepang adalah:
Ø Pembelajaran
dilaksanakan di kelas III dengan materi perkalian. Didalam vidio tersebut
terlihat jelas bahwa guru ketika membuka pembelajaran melakukan tanya jawab
dengan siswa. Untuk membuka skemata siswa guru melakukan tanya jawab dengan memajang
media pembelajaran berupa tabel perkalian. Disana terlihat siswa sangat
antusias ketika memulai pembelajaran untuk bertanya dan menjawab pertanyaan,
mereka tidak ada kecanggungan dalam berpendapat ataupun mengajukan pertanyaan.
Ø Kemudian
disaat proses pembelajaran siswa sangat aktif berdiskusi dan berusaha menemukan
jawaban LKS yang diberikan guru. Guru memberikan kebebasan kepada setiap siswa
untuk menemukan konsep materi pelajaran, sehingga setiap siswa menemukan konsep
sesuai kemampuan masing-masing siswa. Guru terlihat jelas sekali melaksanakan
tugasnya sebagai fasilitator yang selalu membantu/ membimbing siswa yang
kesulitan dalam mengerjakan LKS. Tak jarang juga guru terlihat sanat perhatian
terhadap siswanya dengan mengusap lembut kepala siswa. Selanjutnya antar guru
tak lupa melakukan refleksi tentang
materi pembelajaran.
Ø Yang
juga tak kalah menarik adalah pada akhir pembelajaran dimana siswalah yang
menyimpulkan pembelajaran, guru hanya memberi penguatan atas apa yang sudah
disimpulkan siswa.
2.
Tuliskan pertanyaan tentang vidio
Ø Didalam
pembelajaran terlihat jelas bahwa siswa sangat antusias dan berani berbicara
baik menjawab atau mengajuka pertanyaan.
Pertanyaan saya adalah
bagaimana strategi guru untuk bisa membuat siswa berani untuk berbicara baik
bertanya atau menjawab pertanyaan?
Ø Bagaimana
cara membimbing dan mengajar siswa yang mempunyai prestasi yang tinggi dalam
matematika?
3.
Kelebihan dan kekurangan metode dan
perangkat pembelajaran lainnya yang selama ini saya praktikan.
Didalam pembelajaran
yang selama ini saya laksanakan pada umumnya disetiap pembelajaran saya
menggunakan Metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Hal ini terjadi karena saya biasanya belum merasa puas jika dalam mengelola
pembelajaran tidak melalukan ceramah. Begitu pula dengan para siswa saya, pada
umumnya mereka masih terbiasa dengan dengan metode ini, sehingga mereka
beranggapan ada guru berceramah di kelas berarti ada pelajaran, tidak ada guru
berceramah di kelas berarti tidak ada pelajaran. Sedangkan dalam meyampaikan
materi pelajaran saya jarang menggunakan media pembelajaran, begitu juga
perangkat pembelajaran yang lain, misalnya RPP, RPP yang ada hanya sebagai
administrasi, pembelajaran tidak sesuai dengan RPP yang ada, Menurut saya
kelebihan metode ceramah adalah :
Ø Dengan
metode ceramah, guru dapat memantau keadaan kelas, karena kelas sepenuhnya
menjadi tanggung jawabnya saat menyampaikan materi pembelajaran.
Ø Dengan metode ceramah
pengorganisasian kelas menjadi lebih sederhana dan praktis, oleh karena tidak
membutuhkan persiapan-persiapan yang macam-macam. Asal kan siswa dapat
menempati posisi tempat duduknya dan mendengarkan materi pembelajaran yang disampaikan
guru, itu sudahlah cukup.
Namun setelah dianalisis metode ceramah ini banyak memiki kekurangan
yaitu
Ø Materi
yang dikuasai siswa terbatas hanya pada apa yang telah dikuasai dan disampaikan
guru. Ini merupakan kelemahan yang paling dominan pada metode ceramah, oleh
karena apa yang telah disampaikan guru itulah yang diperolehnya dan dikuasainya,
Ø Penyampaikan
ceramah yang tidak dibarengi dengan peragaan dan contoh-contoh hanya bersifat suara
dan menbosankan. karena guru dalam penyajiannya hanya mengandalkan bahasa
verbal sedangkan siswa hanya mengandalkan kemampuan pendengarannya. Di sisi
lain kemampuan siswa secara pendengaran berbeda-beda, termasuk dalam menangkap
materi pembelajaran melalui pendengaran.
Ø Kemampuan
guru berbicara dan bertutur kata-kata yang tidak baik, acap kali menjemukan dan
membosankan siswa, sehingga siswa menjadi tidak memperhatikan materi
pembelajaran, mengantuk atau mengobrol dengan teman sebangkunya. Jika mereka
diam akan tetapi pikirannya kemana-mana sebab tidak mengerti dengan apa
yang disampaikan guru sebab penyampainnya tidak menarik.
4.
Pengaruh video pembelajaran tersebut
bagi saya
Setelah saya menonton vidio tentang pembelajaran di sebuah
sekolah di jepang, saya merasa malu terhadap diri saya, karena selama ini saya
telah egois terhadap siswa saya. Siswa saya setiap hari saya ceramahi dalam
menyampaikan materi. Wajar mereka sering tidak fokus, mengantuk, bercanda
dengan temannya. Karena mereka pasif. Namun setelah menonton VIDIO ini saya
sangat termotivasi bahwa sebenarnya didalam pembelajaran guru tidak perlu
melakukan ceramah banyak-banyak. Biarkan siswa belajar sendiri untuk memahami
materi yang diajarkan, seorang guru hanya sebagai fasilatator yang kreatif
dalam membimbing dan membuat media pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar