judul post ini seperti seseorang sedang mengetik

kursor mengikuti

judul post ini seperti seseorang sedang mengetik.

Rabu, 01 April 2015

Tanggapan VTR ( Team Teaching) di putar saat kuliah Pengembangan Learning Trajectory Pendidikan Dasar

NAMA                       : MUSMALYADI
NIM                            : 14711259018
KELAS                      : PD P2TK DIKDAS
MATA KULIAH      : Pengembangan Learning Trajectory Pendidikan Dasar
1.        Tuliskan komentar tentang vidio pembelajaran yang sudah ditonton
2.        Tuliskan pertanyaan tentang vidio
3.        Tuliskan kelebihan dan kekurangan metode dan perangkat pembelajaran lainnya yang selama ini saya praktikan dan seberapa jauh saya belajar dari vidio untuk mempengaruhi dan memperbaiki praktek pembelajaran siswa
1.        Komentar saya setelah menonton vidio pembelajaran di sebuah sekolah di Jepang adalah:
Ø Pembelajaran dilaksanakan di kelas III dengan materi perkalian. Didalam vidio tersebut terlihat jelas bahwa guru ketika membuka pembelajaran melakukan tanya jawab dengan siswa. Untuk membuka skemata siswa guru melakukan tanya jawab dengan memajang media pembelajaran berupa tabel perkalian. Disana terlihat siswa sangat antusias ketika memulai pembelajaran untuk bertanya dan menjawab pertanyaan, mereka tidak ada kecanggungan dalam berpendapat ataupun mengajukan pertanyaan.
Ø Kemudian disaat proses pembelajaran siswa sangat aktif berdiskusi dan berusaha menemukan jawaban LKS yang diberikan guru. Guru memberikan kebebasan kepada setiap siswa untuk menemukan konsep materi pelajaran, sehingga setiap siswa menemukan konsep sesuai kemampuan masing-masing siswa. Guru terlihat jelas sekali melaksanakan tugasnya sebagai fasilitator yang selalu membantu/ membimbing siswa yang kesulitan dalam mengerjakan LKS. Tak jarang juga guru terlihat sanat perhatian terhadap siswanya dengan mengusap lembut kepala siswa. Selanjutnya antar guru tak lupa melakukan  refleksi tentang materi pembelajaran.
Ø Yang juga tak kalah menarik adalah pada akhir pembelajaran dimana siswalah yang menyimpulkan pembelajaran, guru hanya memberi penguatan atas apa yang sudah disimpulkan siswa.
2.        Tuliskan pertanyaan tentang vidio
Ø Didalam pembelajaran terlihat jelas bahwa siswa sangat antusias dan berani berbicara baik menjawab atau mengajuka pertanyaan.
Pertanyaan saya adalah bagaimana strategi guru untuk bisa membuat siswa berani untuk berbicara baik bertanya atau menjawab pertanyaan?
Ø Bagaimana cara membimbing dan mengajar siswa yang mempunyai prestasi yang tinggi dalam matematika?
3.        Kelebihan dan kekurangan metode dan perangkat pembelajaran lainnya yang selama ini saya praktikan.
Didalam pembelajaran yang selama ini saya laksanakan pada umumnya disetiap pembelajaran saya menggunakan Metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini terjadi karena saya biasanya belum merasa puas jika dalam mengelola pembelajaran tidak melalukan ceramah. Begitu pula dengan para siswa saya, pada umumnya mereka masih terbiasa dengan dengan metode ini, sehingga mereka beranggapan ada guru berceramah di kelas berarti ada pelajaran, tidak ada guru berceramah di kelas berarti tidak ada pelajaran. Sedangkan dalam meyampaikan materi pelajaran saya jarang menggunakan media pembelajaran, begitu juga perangkat pembelajaran yang lain, misalnya RPP, RPP yang ada hanya sebagai administrasi, pembelajaran tidak sesuai dengan RPP yang ada, Menurut saya kelebihan metode ceramah adalah :
Ø Dengan metode ceramah, guru dapat memantau keadaan kelas, karena kelas sepenuhnya menjadi tanggung jawabnya saat menyampaikan materi pembelajaran.
Ø Dengan metode ceramah pengorganisasian kelas menjadi lebih sederhana dan praktis, oleh karena tidak membutuhkan persiapan-persiapan yang macam-macam. Asal kan siswa dapat menempati posisi tempat duduknya dan mendengarkan materi pembelajaran yang disampaikan guru, itu sudahlah cukup.
Namun setelah dianalisis metode ceramah ini banyak memiki kekurangan yaitu
Ø Materi yang dikuasai siswa terbatas hanya pada apa yang telah dikuasai dan disampaikan guru. Ini merupakan kelemahan yang paling dominan pada metode ceramah, oleh karena apa yang telah disampaikan guru itulah yang diperolehnya dan dikuasainya,
Ø Penyampaikan ceramah yang tidak dibarengi dengan peragaan dan contoh-contoh hanya bersifat suara dan menbosankan. karena guru dalam penyajiannya hanya mengandalkan bahasa verbal sedangkan siswa hanya mengandalkan kemampuan pendengarannya. Di sisi lain kemampuan siswa secara pendengaran berbeda-beda, termasuk dalam menangkap materi pembelajaran melalui pendengaran.
Ø Kemampuan guru berbicara dan bertutur kata-kata yang tidak baik, acap kali menjemukan dan membosankan siswa, sehingga siswa menjadi tidak memperhatikan materi pembelajaran, mengantuk atau mengobrol dengan teman sebangkunya. Jika mereka diam akan tetapi pikirannya kemana-mana  sebab tidak mengerti dengan apa yang disampaikan guru sebab penyampainnya tidak menarik.
4.        Pengaruh video pembelajaran tersebut bagi saya

Setelah saya menonton vidio tentang pembelajaran di sebuah sekolah di jepang, saya merasa malu terhadap diri saya, karena selama ini saya telah egois terhadap siswa saya. Siswa saya setiap hari saya ceramahi dalam menyampaikan materi. Wajar mereka sering tidak fokus, mengantuk, bercanda dengan temannya. Karena mereka pasif. Namun setelah menonton VIDIO ini saya sangat termotivasi bahwa sebenarnya didalam pembelajaran guru tidak perlu melakukan ceramah banyak-banyak. Biarkan siswa belajar sendiri untuk memahami materi yang diajarkan, seorang guru hanya sebagai fasilatator yang kreatif dalam membimbing dan membuat media pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar